Cara Perawatan AC

SERVICE DAN PERAWATAN AC (AIR CONDITIONER)

Saat ini, AC (Air Conditioner) merupakan seperangkat alat elektronik yang sangat penting dan menjadi barang kebutuhan rumah tangga, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dengan iklim panas. Kota yang padat penduduk, banyaknya bangunan gedung-gedung bertingkat dan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Hal itu terjadi karena banyaknya kendaraan bermotor dan bangunan pabrik yang beroperasi. Sehingga, peran AC menjadi sangat penting dalam rumah tangga untuk membuat penghuninya menjadi nyaman saat tinggal di rumah tersebut. Agar suhu AC tetap dingin dan tidak menjadi sarang bakteri maupun virus, maka perawatan AC sangat diperlukan.



Berikut ini ada beberapa cara merawat AC agar kondisi suhu tetap dingin dan AC tidak cepat rusak.

Sebelum Anda membeli mesin AC, sebaiknya disesuaikan dengan besarnya ruangan. Anda dapat bertanya kepada penjualnya yang lebih paham untuk ukuran-ukurannya. Biasanya, untuk AC di rumah menggunakan ½ sampai 2 PK. Gunakan ukuran yang sesuai, jangan sampai kebesaran atau kekecilan agar suhu udara ruangan juga tetap dingin.
Sebelum menyalakan AC, jangan lupa tutup semua jendela, ventilasi dan juga pintu untuk menghindari masuknya udara dari luar. Dengan begitu, suhu dingin dari AC dapat maksimal. Setelah AC sudah dimatikan, maka segera membuka jendela dan pintu lebar-lebar. Cara mudah merawat AC agar tetap awet ini agar pergantian udara dalam ruangan menjadi lebih sehat.

Selalu mematikan AC jika sudah tidak memerlukan atau Anda ingin berpergian sehingga dapat menghemat energi.

Membiasakan untuk menyalakan timer saat menggunakan AC, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan. Apakah Anda ingin menggunakan 1 jam, 2 jam atau 3 jam. AC maksimal dinyalakan dalam waktu 5 jam, setelah itu biarkan AC mati agar mesinnya menjadi dingin terlebih dahulu, baru kemudian dinyalakan kembali.

Cara merawat AC agar tetap awet

AC harus dibersihkan secara rutin, dengan membersihkan bagian dalam caranya dengan membuka tutup AC. Kemudian bersihkan filternya, dicuci dengan air sampai bersih. Untuk daerah yang kondisi debunya lebih banyak, sebaiknya bersihkan AC minimal seminggu sekali. Sedangkan untuk daerah yang tidak terlalu banyak debu, Anda dapat membersihkannya 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Saat membersihkan AC, usahakan selalu memeriksa freon, apakah sudah kosong, masih penuh atau mungkin terjadi kebocoran. Untuk pengecekan tersebut dapat dilakukan kurang lebih 6 bulan sekali.
Untuk bagian luar AC harus dibersihkan secara rutin, dengan membersihkan bagian seka-seka AC agar bersih dari debu. Dengan begitu, AC dapat beroperasi dengan baik tanpa terganggu bagian rongga untuk perputaran udaranya.
Remot AC juga harus dirawat dengan baik, karena remot berfungsi untuk mengatur suhu AC. Remot AC sering rusak karena sering terbentur atau terjatuh, sehingga ada bagian yang rusak dan tidak dapat digunakan.
Itulah cara mudah merawat AC yang dapat dilakukan sendiri, dengan begitu akan lebih menghemat budget pengeluaran. Dengan melakukan perawatan AC yang baik secara rutin, maka suhu AC akan tetap dingin dan mesin AC juga menjadi tidak cepat rusak.

0 Komentar